Thursday, May 7, 2015

Tips Memilih Modem USB Yang Sesuai Dengan Kebutuhan



  1. Pilihlah Modem Yang Sesuai Tempat Tinggal
    Jaringan pada modem saat ini ada dua tipe yakni GSM dan CDMA. Pilih modem yang dapat menangkap sinyal jaringan yang ada di tempat Anda.
  2. Kecepatan Modem
    Selain bergantung kepada jaringan yang digunakannya, setiap modem juga mempunyai kecepatan yang berbeda-beda meskipun ada pada jaringan yang sama. Pilih modem yang sesuai dengan kecepatan jaringan yang disediakan oleh operator di Indonesia.
  3. Sistem Operasi Yang Didukung Modem
    Modem yang digunakan harus sudah support dengan sistem operasi yang ada di perangkat kita.
  4. Merek Modem
    Beberapa merek modem dikenal memiliki penangkapan sinyal yang kuat, tahan terhadap panas, dan tidak mudah rusak. Beberapa merek modem yang sudah terkenal handal dan awet di antaranya adalah merek ZTE, Huawei, Sierra, dan Prolink. 
  5. Garansi Modem
    Pilihlah modem yang memiliki garansi minimal garansi toko agar jika terjadi masalah dapat diklaim. Pilih juga modem dengan garansi panjang agar kita dapat melakukan complain jika sewaktu-watu terdapat masalah pada modem tersebut. Garansi yang panjang juga mengindikasikan bahwa perusahaan modem tersebut sudah melakukan uji terhadap produk dan rata rata mampu beratahan lebih dari yang digaransikan.
  6. Tahan panas / Awet
    Pilihlah modem yang tahan terhadap panas, untuk pemakaian lebih lama.
  7. Lock atau Unlock
    Jika Anda merupakan orang yang suka bergonta ganti operator, maka lebih baik Anda memilih modem unlock untuk kenyamanan.
  8. Fitur untuk SMS dan telepon
    Pastikan modem yang ingin anda beli memiliki fitur untuk SMS dan telepon, tujuanya adalah untuk checking kuota internet dan keperluan lainnya.
  9. plug dan play
    carilah modem yang memiliki fitur plug dan play, maksudnya adalah modem yang tidak perlu menginstall driver modem USB secara manual
  10. Bisa untuk SMS gateway.
    Modem mendukung AT Command.
  11. Desain modem USB
    Ini terpengaruh dengan bagaimana port USB di laptop anda diletakkan. Nah, supaya kita bisa menggunakan semua port usb yang ada di laptop, maka kita harus pastikan modem USB kita itu cukup tipis, tidak terlalu lebar dan gendut sehingga menghalangi lubang port USB lainnya.


No comments:

Post a Comment